Sholikul Hadi S Ag

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
implementasi kurikulum 3013

implementasi kurikulum 3013

Implementasi Kurikulum 2013

Lepas dari golongan yang pro maupun kontra dengan perubahan Kurikulum 2013, sejak Tahun Pelajaran 2013/2014 kurikulum ini sudah mulai diberlakukan di beberapa sekolah piloting dan tahun pelajaran 2014/2015 sudah diberlakukan di seluruh sekolah sekolah di Indonesia, maka sudah sepantasnya apapun yang terjadi kita selaku orang yang berkecimpung di dunia pendidikan ikut mensukseskan implementasi Kurikulum 2013.

Memang tidaklah mudah untuk melaksanakan sesuatu hal yang baru, tetapi jika semua stakeholder mau bahu membahu, kerja keras, kerja cerdas dan disertai rasa ikhlas tentunya keberhasilan bukanlah hal yang mustahil. Hal ini sejalan dengan teori kurikulum yang menyatakan bahwa keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan dasar kurikulum, persiapan tenaga pendidik dan kependidikan serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum, termasuk pembelajaran dan penilaian pembelajaran ( Anita Lie, 2012).

Berdasarkan teori kurikulum di atas maka tentulah untuk mencapai keberhasilan implementasi suatu kurikulum perlu kerja sama dan kerja keras serta perjuangan dari berbagai pihak, dan tentunya di butuhkan waktu yang panjang untuk menjalankan proses yang cukup panjang. Tentunya insan-insan yang berkecimpung di dunia pendidik juga dituntut komitmen dan kerja kerasnya agar bisa ikut menyumbangkan tenaga dan pikirannya agar implementasi kurikulum 2013 bisa sukses.

Kesimpulan

Harus kita sadari saat ini memang implementasi kurikulum 2013 merupakan solusi yang cukup relevan, tepat dan visioner untuk mengubah citra pendidikan kita yang semakin terpuruk. Walaupun kita juga tidak menutup mata dengan masih tertatih-tatihnya implementasi kurikulum 2013 yang kita laksanakan, antara lain pelatihan Kepala Sekolah yang belum tuntas dan keterlambatan pengiriman buku paket ke sekolah-sekolah, namun hal tersebut bukanlah alasan kita menilai implementasi kurikulum 2013 gagal.

Masih banyak waktu ke depan untuk kita saling membenahi diri dan pendidikan di negeri ini. Dengan keyakinan dan komitmen yang tinggi dari insan-insan pendidikan konsep dan tujuan Kurikulum 2013 yang begitu bagus dan visioner niscaya bukan hal yang mustahil untuk bisa dicapai. Pada dasarnya perubahan dan pengembangan kurikulum sebaiknya diarahkan pada pengembangan moralitas akademik dan sikap ilmiah yang dapat mewujudkan ahlak mulia. Insyaallah jika semua mau bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas, implementasi kurikulum 2013 bisa terlaksana dengan baik dan pendidikan kita ke depan akan bisa lebih maju lagi.

Daftar Pustaka

  • Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud. 2013 Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah
  • Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud. 2013 Pedoman Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah

Ella Yulaewati. 2007.Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Judule diedit dulu, Mas.

14 Jan
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali